Waktu Standar Indonesia WIB | UTC

Kegiatan Sekolah Lapang Iklim (SLI) Operasional Bagi Petani Kedelai di Kapanewon Prambanan

July 10, 2023 Berita

SLEMAN (07/07/2023) – Pada hari Jum’at tanggal 07 Juli 2023, Stasiun Klimatologi D.I Yogyakarta telah menyelenggarakan kegiatan Sekolah Lapang Iklim (SLI) Operasional tahun 2023. Kegiatan SLI dilaksanakan di Pendopo Hariti, Kompeks Candi Banyunibo, Dukuh Cepit, Kelurahan Bokoharjo, Kapanewon Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan SLI ini dihadiri dan dibuka oleh Ibu Kepala BMKG, Ibu Prof. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D. Pembukaan dan seremional kegiatan SLI Operasional ini juga dihadiri oleh Bapak Heru Saptono, S.TP, MM. (Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan), Bapak Dr. Ardhasena Sopaheluwakan (Pelaksana Tugas Deputi Bidang Klimatologi BMKG), Bapak Hartanto, ST., MM. (Kepala Balai Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah II), Bapak Ir. Sugeng Purwanto, M.M.A (Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY).

Peserta kegiatan SLI Operasional ini berjumlah 50 orang yang terdiri dari Kelompok Tani Maju, Kelompok Tani Makmur, Kelompok Tani Sido Makmur, dan Kelompok Tani Ngudi Makmur. Melalui kegiatan SLI Operasional ini peserta diharapkan dapat memanfaatkan informasi cuaca, iklim dan perubahan iklim secara optimal agar petani bisa melakukan adaptasi dan mitigasi terhadap dampak yang ditimbulkan oleh iklim dan perubahan iklim yang kedepannya akan mempengaruhi pada peningkatan produksi pertanian dan ketahanan pangan nasional.

Kegiatan SLI Operasional tahun 2023 yang bertempat di Pendopo Hariti, Kompeks Candi Banyunibo, Dukuh Cepit, Kelurahan Bokoharjo, Kapanewon Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta berjalan dengan lancar, baik, dan sesuai rencana. Kegiatan diawali dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pre test yang diikuti oleh seluruh peserta. Selanjutnya dilakukan kegiatan penyampaian materi oleh Bapak Aris Wibawa, S.Hut., M.T. Peserta sangat antusias dan minat peserta cukup tinggi untuk mengikuti materi yang telah disampaikan oleh pemateri. (RZ)





Registrations
 *
Please login to view this page.
Please login to view this page.
Please login to view this page.